Aplikasi “Chatting” Buatan Dalam Negeri

Image and video hosting by TinyPic
Kalau selama ini pengguna ponsel di Indonesia tergantung aplikasi dan layanan buatan asing untuk melakukan chatting, kini tak lagi. Sudah ada perusahaan lokal asli Indonesai yang menyediakan layanan chatting lewat ponsel. Layanan tersebut tidak eksklusif hanya bisa digunakan satu merek ponsel, tapi lintasmerek selama mendukung Java.

Mau tahu layanan tersebut? Namanya IM-ku (baca: ai em ku) yang dikembangkan oleh PT Intouch Innovate Indonesia (inTouch), perusahaan lokal yang satu afiliasi dengan produsen ponsel Skybee. InTouch memperkenalkan IM-ku untuk pertama kalinya di ajang Indonesia Celluler Show (ICS) 2010, Jumat (16/7/2010).

PT Intouch Innovate Indonesia (inTouch) sendiri terinovasi untuk membuat aplikasi chat ini karena ingin membuat alternatif pengganti SMS yang saat ini dirasa sudah tidak relevan lagi karena hanya bisa mengirimkan teks saja. Pada dasarnya IM-ku berupa aplikasi dan layanan instant messenger yang dapat digunakan untuk semua ponsel berbasis Java. Keunggulan-keunggulan yang terdapat di IM-ku adalah bisa digunakan disemua merek ponsel dengan kata lain lintasoperator dan lintasmerek ponsel. Tentunya hanya untuk ponsel yang mendukung GPRS.

Layanan ini menggunakan nomor telepon sebagai pengganti PIN sehingga bisa langsung invite teman chat dari phonebook dan tidak memerlukan PIN unik lagi. IM-ku juga mendukung multimedia yakni voice dan image. Terdapat pula hi-end chat feature contohnya conference, group, avatar, dan copy chat. Kemudian terdapat juga community feature contohnya chatBhot dan closed user group. Lalu ada juga corporate feature contohnya customization seperti pembuatan skin dan pre-defined closed user group.

Produk ini memang terbilang baru dan kalu dilihat dari fitur-fitur yang ada sudah bisa bersaing dengan aplikasi-aplikasi chat lainnya. Namun ke depannya inTouch sendiri telah memikirkan untuk melakukan inovasi-inovasi yakni akan menggunakan platform VRE dan merig support for low end MTK/spreadtrum chipset sehingga nantinya akan efisien untuk ponsel low end.

“Kami yakin bahwa produk ini akan semakin berkembang ke depannya dan juga bisa memaksimalkan ini menjadi pengganti SMS yang tidak mahal tapi sekelas dengan BBM (BlackBerry Messenger). Kemudian bisa chat antar komunitas, tidak harus menggunakan bandwidth internasional dan membuat masyarakat indonesia bangga karena ini merupakan produk buatan bangsa sendiri,” ujar Hendra Kendro, CEO PT Intouch Innovate Indonesia (inTouch) pada saat konferensi pers di Pameran FKI dan ICS di Jakarta, Jumat.

Aplikasi ini pada dasarnya ditujukan bagi orang-orang yang membeli ponsel sebagai alat untuk berinternet pertama kalinya, dan untuk chat pertama kalinya. Aplikasi ini juga tidak dipungut biaya karena mengusung mobile device advertisement. Namun ke depannya mungkin akan dikenakan charge. Aplikasi ini ditargetkan akan menjangkau separo dari ponsel low end pada bulan depan.

Untuk mendapatkan IM-ku sudah bisa dilakukan mulai dari hari ini dengan cara ketik IMKU kirim ke 9800. Selanjutnya akan dipandu bagaimana Anda bisa mendapatkan aplikasi ini hingga bisa digunakan pada ponsel Anda atau bisa di download di http://get.im-ku.com

Posted on 17/07/2010, in MIG33. Bookmark the permalink. 21 Komentar.

  1. Udh ada handlernya blum gan amad?

  2. info menarik lg nih,, oya bang amad, ini bwt merk hp apa?? operator bsa bebas kan?? kira2 kLo langsung di uprek jadi handler, gmN yah nasib prusahan itu??:mrgreen:

    • aku rasa handler berhubungan dengan internet provider yang kita pakai. Seperti kutipan di atas, “Aplikasi ini juga tidak dipungut biaya karena mengusung mobile device advertisement. Namun ke depannya mungkin akan dikenakan charge”. Jadi pemilik aplikasi ini tidak merasa dirugikan.

  3. wahhhhh tpi saya yakin mig33 msi top cerrrrr yang penting handal buat gretongan….. wkwkwwkwkw

  4. Oklek mantap info nya coba dulu gan…

  5. Sya tau app ini kmarin di kompas.com setelah dicoba mesti konfirmasi no hp dulu. Kira2 kena pulsa ga ya?

  6. Gan, buat soner bisa gak?

  7. hp yang mendukung aplikasi ini :
    – Blackberry
    – ELZIO
    – HT Mobile
    – IVIO
    – KTouch
    – Lexus
    – Nokia
    – Skybee Mobile
    – SPC Mobile
    – Taxco
    – Vitell
    – XP Mobile
    – Java Signed Version
    – Java Unsigned Version

  8. Untuk meraih pendapatan dari IM-Ku, aplikasi instant messenger buatannya, PT inTouch Innovate Indonesia akan mengandalkan mobile advertisement dan juga Chatbox.

    “Untuk iklan, nantinya akan dipasang banner di window chatting,” kata Hendra Kendro, Chief Executive Officer (CEO) inTouch Innovate Indonesia, di sela ajang ICS 2010, Jakarta Convention Center, Jumat 16 Juli 2010. “Cuma belum dalam waktu dekat. Pengiklan tentunya menunggu respons pasar dulu.”

    Sementara ini, Kendro menyebutkan, memang belum ada income karena ini merupakan investasi jangka panjang InTouch.

    “Selain mobile advertisement, kami akan coba bukukan pendapatan dari Chatbox,” kata Kendro. “Chatbox sendiri adalah fitur yang dipunyai IM-ku untuk group chat pengguna korporat atau kantoran.”

    Chatbox ini, Kendro melanjutkan, dapat membantu komunikasi internal dalam kantor, sama seperti group chat pada BlackBerry Messenger.

    “Membuat chatbox sama seperti membuat group sendiri, window sendiri, dan itu memakan resource server,” kata Kendro. “Jadi untuk pengguna korporat, biaya yang dikenakan nantinya ibaratnya untuk sewa server. Sekarang ini masih gratis.”
    sumber : VIVAnews

  9. menunggu respons pasar dulu ah gan😀

  10. Kayaknya menarik nih, coba ah… Mumpung masih seger, thank madlah…

  11. Ni aplikasi penyedot pulsa,,2 hari yg lalu q dah donwlod pas jalankan aplikasi katanya akan mengirim sms,truz udah gt,ada sms msuk msuk dr 9800 truz pulsa rp350 keluar,eh skitar 2 jam ada lg sms dr 9800 katanya”anda sudah trdaftar” pulsa keluar rp1000,,klo sampe gak d UNREG mungkn tiap hari nyedot pulsa,,jd cpt2 q UNREG dah,,

  12. GAK MAU COBA2 AH, KALO ADA NOMOR 4 DGT😀 PASTI UJUNG2 NYA PULSA LENYAP

  13. inilah indonesia,jgn prcy gratis,klo trik sh ok.

  14. chatting tu gmana to?aku kok ga ngerti,ngertiku cuma buka google,sama download film be.ef oiya kalo mau applikasi koleksi jaman dulu ke tmpatku aja http://choky_setiawan.mywibes.com terimakasih teman teman semua,dan selamat beraktifitas

  15. Hm… bang amad Kebiasan klw Posting Kagak Ada Screenshot nya,

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: