Awas! SMS Penipuan Makin Marak

sms amadnoy Di dunia telekomunikasi, penipuan via SMS marak terjadi setidaknya dalam kurun waktu 10 tahun terakhir. Kebanyakan penipuan yang terjadi berkedok kuis SMS dengan iming-iming hadiah mobil bahkan rumah. Modusnya, pelaku meminta pelanggan untuk mentransfer uang sebagai pajak atas hadiah fiktif tersebut.

Namun, hari ini modusnya telah berganti. Pelaku menjarah pulsa korban dengan menyamar menjadi ibu atau ayah korban yang sedang membutuhkan pulsa dan meminta korban untuk mengisi pulsa ke nomor pengirim. Sebab itu, modus ini dikenal dengan modus “SMS mama-papa”.

Menurut pantauan VIVAnews, rata-rata SMS yang dilayangkan pelaku meminta korban untuk mentransfer pulsa sebesar 20 ribu. Mungkin bukan angka yang besar. Namun, jumlah tersebut menjadi sangat fantastis jika sang pelaku berhasil menipu 500-1000 pelanggan.

“Ironisnya, kebanyakan korban penipuan SMS tersebut adalah mahasiswa atau mahasiswi yang notabene belum berpenghasilan tetap. Sebab itu, kami membuka layanan 1166 sebagai sarana pengaduan untuk meminimalisir praktik penipuan,” ujar GM Corporate Communication of Telkomsel Ricardo Indra dalam keterangannya, Rabu 20 Oktober 2010.

Bagi pelanggan Telkomsel yang menemukan SMS penipuan atau telah ditipu oleh pelaku, dapat mengadukannya ke nomor 1166 untuk kemudian diproses.

“Pelanggan dapat mengirimkan SMS ke nomor 1166 dengan format: PENIPUAN#nomor pelaku#isi SMS penipuan. Pelanggan Telkomsel tidak akan dikenakan biaya apapun,” tutur Nugroho, Manager Tools and Data Management Telkomsel.

Seluruh SMS aduan yang diterima akan diproses kemudian bersama pihak berwenang untuk ditindaklanjuti. “Dari laporan terakhir, sudah ada sekitar 15 orang pelaku yang tertangkap. Sejak layanan 1166 dibuka pada awal Oktober, kami sudah menerima 548 SMS aduan yang sedang diproses,” paparnya.

vivanews

Posted on 24/10/2010, in MIG33 and tagged , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

  1. ada-ada aja ya yg namanya usaha :-d

  2. Kdg si penipu gw tipu blk/dkerjain bhw nmr nya udh dilacak polisi,biar kapok.

  3. Ni GAn Contoh Penipuan na:
    Blog ini saya bikin untuk menambah wawasan kita bersama. Untuk perkembangan dan kemajuan blog ini, agar tetap terus bertahan, saya minta bantuan kepada teman-teman untuk menyisihkan sebagian rejekinya dalam bentuk pulsa ke nomor hp saya. Silakan transfer pulsa ke nomor 081351219819.
    wkakakakakakakakak

  4. terus kapan layanan indosat menyusul…..????

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: