Fakta Tentang Opera Mini

Sebagai pengguna setia Opera Mini, berikut akan saya berikan beberapa hal (sedikit teknis) yang mungkin perlu diketahui tentang mobile browser hebat ini, berdasarkan pengalaman dan sedikit pengetahuan tentang teknologi web yang ada di zaman ini.
Jadi, Opera Mini itu…

1. Menggunakan server transcoder
Halaman yang kita lihat, gambar-gambarnya, bahkan data username dan password kita tidak langsung menuju server web tujuan, melainkan harus melalui server transcoder Opera Mini dulu untuk diolah. Server transcoder ini bertindak sebagai perantara agar halaman web bisa ditampilkan dengan baik di HP, sekaligus kompresi. Pembahasannya pernah aku posting di sini.

2. Dukungan JavaScript terbatas
Opera Mini sebenarnya tidak mendukung JavaScript. JavaScript sendiri akan diolah di server transcoder, baru kemudian hasilnya dikirim ke HP. Jadi Opera Mini tidak mengeksekusi kode JavaScript, tetapi hanya menampilkan hasil eksekusi yang dilakukan di server transcoder itu. Begitu pula dukungan untuk AJAX. Jadi interaktifitas halaman web di Opera Mini sedikit berkurang.

3. Yang dikirim ke HP bukan HTML
Melainkan OBML, yaitu halaman web yang sudah diformat oleh server transcoder agar bisa dibaca oleh Opera Mini. Karena itu, jika kita menyimpan halaman web di Opera Mini, hasilnya adalah file OBML yang tidak bisa dibaca oleh browser di komputer.

4. Menggunakan alamat IP khas
Lagi-lagi, karena menggunakan server transcoder, maka jika kita mengunjungi suatu halaman web, yang tercatat oleh web itu adalah alamat IP dari server transcoder Opera Mini. Jadi, jika web itu punya pencatat alamat IP, akan terlihat bahwa Anda membukanya menggunakan Opera Mini.

5. Lebih cepat mengakses web luar negeri
Ya, karena server transcoder ini berada di luar negeri, maka situs web yang di-hosting di luar negeri akan lebih cepat diakses. Maka jangan heran jika ada situs web Indonesia yang lebih lama untuk dibuka di Opera Mini. Hal ini berkebalikan dengan akses dari komputer yang menggunakan ISP Indonesia.

6. Menggunakan mesin layout yang sama dengan Opera
Server transcoder Opera Mini menggunakan mesin layout yang sama dengan Opera desktop. Jadi hasilnya pun bisa jadi sebagus jika kita membukanya dari Opera di komputer. Inilah keunggulan terbesar dari Opera Mini dibanding browser mobile lainnya.

7. Kompresi yang menghemat pulsa
Tingkat kompresi halaman web sebelum dikirim ke HP cukup besar. Jadi perbedaan pemakaian pulsa untuk transfer data dibanding browser HP tanpa kompresi cukup signifikan. Namun Opera Mini terbaru (versi 5 beta) sepertinya tingkat kompresi datanya tidak sebesar versi 4. Jadi pemakaian pulsa untuk Opera Mini versi baru sedikit lebih banyak.

8. Server transcoder itu juga perlu biaya
Tentu saja, mereka juga sederetan komputer yang pasti butuh listrik dan lain-lain, dan biayanya sepertinya tidak sedikit. Untungnya, pihak Opera (yang notabene adalah sebuah perusahaan besar) memberikan pelayanan ini dengan gratis. Hal ini yang menyebabkan Opera Mini masih belum tersaingi oleh browser mobile lain.

Posted on 14/01/2011, in MIG33 and tagged , , , , , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 19 Komentar.

  1. Setelah baca tritnya saya jd lebih mengerti cara kerja Opera Mini. Ijin repost ya bang.

  2. thanks mad atas infonya bertambah 1 tingkat lg deh kecerdasan gue he…he….he….!

  3. lumayan tambah pengetahuan, mksh infonya bang

  4. haha user minimalis smw

  5. owh…😀

  6. numpang absen,hehe. . .:-D

  7. ckakakak

  8. nice info sob, jd ada pengetahuan tentang opera mini😀

  9. Numpang tdur ya gan |-)zzzzz

  10. askum para minimaliser
    jaya terus uye :d

  11. numpang lewat bang :lari

  12. Akhirnya bisa jg ngeliat blog ini update lg, saya belajar byk dari blog ini

  13. mantap om…ijin copy ya…😀

  14. Diharapkan kehadirannya kepada semua teman-teman ke Acara Perkawinan saya yg bertempat diBati-bati kab. Tanah laut. Tgl 13 Februari 2011 pukul 09:00 s/d selesai. Terimakasih.

  15. Wekwekwek!

  16. ooo…tidak bisa…:d

  17. Gubbbraaaggzz.. Liat c inu dsini jd ga tahan ni jempol pngen ikutan, izin comment bang

  18. Maju trus ,..kedepan..lanjudkan

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: