Bangga Menjadi Warna Putih

Pagi ini aku mendapat pelajaran berharga dari seorang hakim, kebetulan beliau lagi liburan ke Banjarmasin. Pagi-pagi sekali sebelum kerja aku menyempatkan diri untuk bertemu dengannya. Obrolan santai di pagi hari sambil minum teh hangat dan merokok.

Berikut pelajaran yang aku dapat dari beliau :

1. Warna Putih dan Abu-abu

Ada seorang teman dengan jabatan yang sama dengan beliau, jurusan kasus yang dikerjakan sama, gaji pun sama, tapi rejekinya beda. Kalau kita berpikiran negatif mungkin rejekinya yang dia peroleh itu dari hasil korupsi. Apalagi dia seoarang hakim, kedudukan yang sangat rawan akan hal itu. Perasaan iri, curiga dan sebagainya sempat timbul. Kalau memang jalan yang dia tempuh itu salah biarkanlah dia menjadi warna abu-abu, toh dia bangga menjadi warna itu.

Dalam keadaan seperti ini seharusnya kita bangga menjadi warna putih, artinya Tuhan masih menjaga kita untuk tidak menodai warna putih yang kita miliki

2. Rasa Syukur

Bagaimana kita mau bersyukur sedangkan rejeki yang kita peroleh tidak sesuai dengan kehidupan kita? Kebanyakan orang yang bekerja (termasuk aku) lupa bersyukur atas rejeki yang kita terima karena rasa ketidakpuasan. “Rejeki segini apa cukup buatku?” aku rasa itu pertanyaan permanen setiap orang. Kalau kita tidak menyukurinya, sebesar apapun rejeki yang kita terima pasti bakal merasa masih kurang. Ada yang terlupakan, walaupun sedikit harusnya kita bersyukur karena tuhan memberi rejeki kita yang halal dan itu akan menjadi berkah untuk kita.

Sungguh pelajaran yang singkat dan berharga, obrolan berdurasi 1 jam tapi berguna untuk seumur hidup. Terimakasih untuk Pak hakim, om Sopian Bastah Hadai. Beliau adalah Kakak ibuku sendiri.

Posted on 16/02/2011, in MIG33 and tagged , , , , , , , , . Bookmark the permalink. 4 Komentar.

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: